Sejarah Perang Negara Vietnam

Sejarah Perang Negara Vietnam – Pada Tahun 214 SM, Setelah Kaisar Qin Shihuang Mempersatukan Tiongkok, ia mengirimkan bantuan tentara ke wilayah tiongkok selatan. Setelah puluhan tahun padatahun 203 S, DinastiQin terpuruk dalam kekacauan dalam pemerintahannya, Zhao Tuo mengambil kesempatan ini untuk membentuk negara sendiri.

Sejarah Perang Negara Vietnam

Sejarah Perang Negara Vietnam

Pada Tahun 939 MS, Orang-orang vietnam berhasil mengalahkan militer Tiongkok di sungai Bach dang dan mendapatkan kemerdekaan sesetlah 10 abad dibawah tekanan yang di berika tiongkok. Mereka mendapatkan Otonomi secara lisan dalam 1 abad kedepan.Dalam 3 kali berturut-turut orang mongol menyerang Vietnam dan 3 kali juga pasukan mongol dapat di kalahkan oleh jendral Vietnam Tran Hung Dao.

Vietnam mencapai puncaknya saat dinasti Le pada abad ke 15, dan khususnya selama masa pemerintahan Kaisar Le Thanh Tong. Negara Vietnam Memperluas Wilayahnya ke area selatan dalam proses yang di sebut Nam Tiem (Perluasan Ke Selatan) Ia akhirnya berhaslil menaklukan kerajaan Champa dan Banyak kerajaan Khemer.

Perang Vietnam
Pemerintahan Komunis Vietnam utara di tolak mentah-mentah oleh Amerika atas kemiripannya terhadap uni Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok. Ketidak setujuan dengan segera muncul ats ide pemilihan umum dan reunifikasi, Bahkan Soviet menyuplay tentara dan persenjataan untuk memperkuat bantuan militer komunis.

Penempatan lebih dari 500,000 ribu pasukan tentara vietnam yang sudah siap berperang di cietnam selatan, pasukan AS dibuat binggung oleh sebuah perang gerilya yang buruk dengan VIET CONG. pasuka vviet utara yang gagal dalam usaha penyerbuan di wilayah selatan dan perang itu menyebar ke negara tetangga seperti laos dan kamboja, dengan korban yang sangat banyak.

Pasca Perang Vietnam
Dampak dari pengabilan ahli kominis vietnam melarang politik local untuk tidak berhubungan dan mempercayai Amerika Serikat dan memulai kampanye massal tentang kolektifsasi pertanian dan pabrik-pabrik. Militer Vietnam yang mengimidasi masyarakat kamboja untuk melepaskan bekas rekan mereka, khmer Rouge dari penindasan. Vietnam yang di kala itu tergantung dalam bantuan militer dan ekonomi dari Uni Soviet, dalamsebuah perubahan sejarah 1986 partai komunis vietnam mengimplementasikan reformasi pasar bebas (free-market), yang di kenal sebagai Doi MOI.