Bagaimana sejarah lahirnya pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia, yang memiliki 5 nilai sebagai podoman berdirinya kesatuan negara Indonesia. Keberagaman dan keunikan budaya bisa berjalan selaras dengan adanya asas dasar Pancasila.

Indonesia memiliki banyak sejarah, negara yang pernah dijajah ini mendirikan pancasila setelah resmi merdeka pada 17 Agustus 1945. Setelah dinyatakan Merdeka, pemerintah Indonesia dan Parlemen Kementerian mulai mengusung beberapa nilai dalam bentuk undang-undang.

sejarah lahirnya pancasila

Salah satunya adalah pancasila, pemerintah melihat perbedaan suku dan kepercayaan yang ada. Sehingga dibentuklah 5 nilai pancasila.

Bunyi Pancasila adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang DIpimpin Oleh Hikmat, Kebijaksanaan, dalam Permusyawaratan/Perwakilan

  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Adapun sejarah terbentuknya adalah sebagai berikut!

Sejarah Lahirnya Pancasila di Indonesia

1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, sekaligus sebagai salah satu tanggal penting atas kelahiran dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Sejarah kelahiran Pancasila bermula dari kekalahan Jepang saat Perang Pasifik. Untuk menarik simpati masyarakat Indonesia, pihak penjajah Jepang kemudian menjanjikan kemerdekaan Indonesia dengan membentuk lembaga untuk mempersiapkan segala hal berkaitan dengan pembentukan NKRI.

Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sejarah Lahirnya Pancasila di Indonesia

Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Pada saat itu, Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Dalam sejarah, pancasila dirumuskan oleh tiga tokoh nasional Indonesia yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Kemudian Pancasila dicetuskan oleh Soekarno dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945. Sejak itulah tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Baca juga : Fakta Unik Hong Kong, dan temukan berbagai artikel menarik lainnya bersama copeau.org sehingga menambah wawasan Anda seputar sejarah dan informasi lainnya yang ada di belahan negara.